ITB Berlin Sebagai Ajang Promosi Tiga Destinasi Pariwisata Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan potensi pariwisata yang melimpah. Ironisnya, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia terhitung rendah jika dibandingkan dengan Singapura dan Malaysia. Salah satu penyebab tingginya angka kunjungan wisatawan mancanegara di dua negara tetangga tersebut adalah gencarnya promosi pariwisata mereka di tingkat Internasional.

Pentingnya pemasaran Internasional ini disadari oleh tiga destinasi pariwisata Indonesia yaitu Flores, Toraja dan Wakatobi. Ketiga destinasi tersebut akan menjadi peserta pameran dagang pariwisata terbesar dunia yaitu ITB Berlin 2016, dimana tahun ini merupakan tahun ke-50 diselenggarakannya pameran tersebut. ITB Berlin yang akan diselenggarakan di Messe Berlin, Jerman pada tanggal 9 – 13 Maret 2016 ini merupakan ajang berkumpulnya pelaku bisnis pariwisata dari berbagai penjuru dunia. Tiga hari pertama ITB Berlin dikhususkan untuk para pebisnis (B2B) sedangkan dua hari terakhir terbuka untuk umum (B2C).

Partisipasi masing-masing destinasi di ITB Berlin akan diwakili oleh organisasi tata kelola destinasi pariwisata setempat, yaitu Flores DMO, Toraja DMO dan FTKP Wakatobi. Para perwakilan destinasi tersebut akan bergabung di bawah naungan Paviliun Indonesia Hall 26A No.122 milik Kementerian Pariwisata Indonesia.

Menurut Yohan Tangke Salu dari Komisi Pemasaran Toraja DMO, dipilihnya ITB Berlin sebagai taktik promosi destinasi kuartal pertama tahun ini selain karena reputasinya yang mendunia juga dikarenakan Eropa merupakan pasar utama destinasi Toraja. Keputusan ini diperkuat oleh hasil exit survey 2015 yang diadakan oleh DMO dan FTKP di masing-masing destinasi yang menunjukkan bahwa wisatawan Eropa merupakan pengunjung terbesar Destinasi Flores, Toraja dan Wakatobi.

Selain menjadi peserta ITB Berlin, ketiga destinasi juga akan mengadakan business luncheon di Amsterdam pada tanggal 16 Maret 2016. Pada kesempatan tersebut, perwakilan destinasi akan berkenalan secara langsung sekaligus melakukan presentasi di depan para tour operator di Belanda.

“Kami perlu terus menyampaikan hal-hal menarik yang terjadi di destinasi seperti atraksi terbaru dan jadwal events sehingga pasar mengetahui dan semakin tertarik untuk berkunjung ke destinasi,” kata Girda Safitri, manajer pemasaran Flores DMO.

Flores, Toraja dan Wakatobi merupakan tiga destinasi di Indonesia yang serius mempromosikan citra pariwisatanya. Berbeda dengan dua destinasi lainnya, tahun ini merupakan tahun pertama Wakatobi di bawah FTKP Wakatobi berpartisipasi dalam pameran dagang pariwisata.

“Dengan mengikuti ITB Berlin dan mengadakan business luncheon di Amsterdam kami berharap dapat berbagi informasi dan membina hubungan baik dengan pelaku bisnis pariwisata guna memperkuat jaringan pasar global, termasuk Eropa,” pungkas La Ode Amaluddin dari FTKP Wakatobi.

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi:

– Flores DMO: [email protected] / www.florestourism.com

– Toraja DMO: [email protected] / www.visittoraja.com

– FTKP Wakatobi: [email protected] / www.wakatobitourism.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Keep yourself in touch
Subscribe to our newsletter

Discover the Sacred Highlands Anytime

Visit Toraja

X